1. Sekilas tentang java
Java adalah bahasa pemrograman yang berjalan pada multiplatform dengan semboyan “Write Once, Run Anywhere” (WORA) atau “Tulis Satu Kali, Jalan Dimana saja”. Artinya, anda hanya menulis satu kali source codenya tetapi anda dapat menjalankannya pada system operasi yang berbeda seperti Windows atau Linux. Tentu saja ini keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lain.

2. Pembagian Paket Java
Pada Pada situs resminya http://java.sun.com bisa ditemui tiga pembagian paket Java yaitu :
a. Java 2 Enterprise Edition (J2EE).
 Paket J2EE digunakan pada perangkat keras yang mempunyai spesifikasi dan memory
yang besar seperti pada komputer server.

b. Java 2 Standard Editon (J2SE).
 Paket J2SE digunakan pada perangkat keras seperti komputer desktop( ini yang sedang kita pelajari disini).
c. Java 2 Micro Edition (J2ME).
 Paket J2ME digunakan pada perangkat yang memiliki memory kecil seperti ponsel,
pager atau PDA.
3. Memulai pemrograman Java
Sebelum anda memulai untuk belajar java, sebaiknya anda siapkan dulu tools yang diperlukan yaitu JDK atau Java Development Kit J2SE (Java 2 Standard Edition) dari situs http://java.sun.com. Mengapa memilih J2SE? karena yang kita pelajari adalah pemrograman java yang dikhususkan untuk komputer desktop. Jika anda telah memiliki filenya, maka silahkan install, jika belum, download lalu install di computer anda. Ingat, tidak bisa hanya menggunakan JRE (Java Runtime Environment) Karena JRE tidak menyertakan paket compiler didalamya. Gunakanlah JDK karena dalam JDK telah lengkap semua yang kita perlukan dalam pembelajaran disini yaitu compiler maupun runtime environmentnya.
a. Menuliskan source kodenya
Sebenarnya, ada beberapa IDE atau development environtment atau tool tambahan yang dapat kita pergunakan untuk menuliskan source code java seperti Eclipse atau Netbeans. Namun karena kita sedang mempelajari dasar pemrogramannya, maka saya berinisiatif menggunakan notepad saja supaya kita lebih mamahaminya. Setelah anda menginstall peralatan yang diperlukan, buka teks editor seperti notepad atau menggunakan teks editor favorit anda. Ketikkan teks berikut :

public class HelloWorld
// ini adalah contoh komentar 1
/* ini
adalah contoh
komentar 2 */
{
public static void main(String args[])
{
System.out.println(“Halo Dunia”);
}
}
Lalu simpan dengan nama HelloWorld.java. Ingat, anda harus menyimpannya dengan nama HelloWorld.java, apabila namanya tidak seperti itu, maka akan muncul pesan kesalahan pada saat anda mengkompilenya. Simpan file tersebut pada folder c:\program files\java\jdk\bin.
b. Mengkompile source kode
Setelah kita menyimpan source code yang telah kita buat, selanjutnya kita akan mengkompile source kode tersebut. Caranya yaitu klik start, pilih run lalu ketikkan cmd pada dialog box, kemudian klik ok. Selanjutnya akan muncul jendela command (yang selanjutnya akan kita sebut shell). Ketika anda menginstall JDK maka secara default folder penyimpanannya berada di C:\program files\java\. Didalam directory tersebut terdapat dua sub direkori lagi yaitu JDK dan JRE. Compiler java berada pada folder c:\program files\java\jdk…\bin\javac.exe. Nah, sekarang ketikkan perintah cd c:\program files\java\jdk\bin agar direktori yang aktif adalah tempat dimana compiler java berada. Setelah direktorinya berpindah, ketikkan javac HelloWorld.java untuk mengkompile kode yang telah kita buat. Jika tidak ada kesalahan, maka akan terbentuk file HelloWorld.class.
c. Menjalankan file binary (source kode yang telah dikompile)
Ketika kita selesai mengkompile, maka akan terbentuk file HelloWorld.class. cara menjalankannya yaitu ketikkan perintah pada shell seperti ini: java(spasi)HelloWorld(enter) perintah tersebut akan menjalankan file HelloWorld.class dan menampilkan hasilnya pada shell seperti ini:
Halo Dunia
Bagus kan? Hehe…., kita telah mengetahui sedikit tentang pemrograman java. Mari kita sama-sama mempelajari java lebih lanjut.
d. Penjelasan source kode
 Kode program java dibuka oleh tanda “ { “ dan ditutup dengan “ }”
 Setiap baris perintah diakhiri dengan “ ; “
 Tanda “ // “ menandakan komentar hingga akhir baris
 Tanda “ /* “ merupakan komentar juga, tapi harus ditutup dengan “ */ “
 Public class HelloWorld
• Ini adalah nama class utama yang harus ada dalam setiap program java.
• Tanda “ { “ yang berada dibawah class HelloWorld merupakan pembuka lingkup dari class HelloWorld dan ditutup dengan “ } “
• Penempatan tanda “ { “ bisa di tempatkan di akhir baris nama class atau method.
– Contoh : public class HelloWorld {
– Cuma agar kode terlihat lebih rapi, maka sebaiknya dituliskan dibawah.
 Public static void main (String args [])
– Ini adalah pintu yang harus ada dalam setiap program yang ingin kita eksekusi.
– Perhatikan bahwa tanda pembuka “ { “ dan penutup “ } “ harus selalu ada untuk menandakan lingkup dari class atau method yang kita deklarasikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s