Apakah kejadian kalian lebih sukar ataukah (kejadian) langit? Dia telah membangunnya. Dia meninggikan bangunannya lalu emnyempurnakannya, dan Dia menjadikan malamnya gelap dan siangnya terang. Dan stelah itu bumi dihamparkanNya. Dia mengeluarkan dari dalamnya air dan tumbuh-tumbuhan. Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya. (QS An-Nazi’at: 27-32)

Penyebutan gunugn pada ayat diatas menunjukkan salah satu kebeseran Allah sekaligus meminta perhatian kita pada salah satu bukti keesaan  Allah dan keharusan beriman kepada-Nya. Kata gunung di dalam Alquran terdapat di sekitr 29 ayat, sedangkan penyebutan rawasi yang menjadi penyebutan sifat  gunung terdapat di sekitar Sembilan ayat, diantaranya adalh firman Allah, “Dan Kami jadikan di bumi gunung-gunung supaya ia meneguhkannya……..”(QS An-Anbiya: 31)

Diantara gunung-gunung itu ada yang berhubungandengan keadaan dan kesudahan gunung pada hari kiamat, seperti firman-Nya, “Dan gunung menjadi seperti bulu yang dihamburkan,” (QS Al Qariah: 5) Ada yang behubungan dengan kisah atau cerita seperti pada ayat , “Dan Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, bertabih beserta Daud. Kami adalah yang membuatnya,’’ (QS An Anbiya : 79). Ada juga yang berbicara tentang bermacam macam disertai dengan penyebutan bumi dan langit. Semua itu menunjukkan makhluk-makhluk itu amat penting serta mengandung rahasia dibalik penciptaan, komponennya, dan pengumpumaannya dengan pasak yang menancap.

Diantara ayat-ayat tentang gunung yang mengadung mukjizat dari segi ilmiah ada yang berkenaan dengan pembentukannya, pertumbuhannya dan mengapa sebab terjadi perbedaan warna gunung yang oleh Alquran disebutkan karena ada perbedaan bahan-bahan yang membentuk bebatuannya. Gunung putih pada dasarnya terbentuk dari kapur dan batu kapur, gunugn hitam banyak memngandung arang, gunung merah kayak akan besi, dan gunung berapi banyak mengandung granit, basal, besi, kuningan, tembaga, dan lainnya yang makin menambah variasi dan warna gunung berapi.  Salah satu tanda kekuasaan Allah adalah  adanya perbedaan warna, macam dan keadaan gunugn-gunung itu. Padahal gunung itu berasal dari satu bumi yang mulanya bersatu dengan matahari dan langit.  Hal ini juga membuktikan kekuasaan Allah yang menciptakan perbedaan pada manusia, hewan, dan buah-buahan serta mendorong para ahli untuk menemukan hikmah dibalik semua itu, Allah berfirman:

Tiadakah engkau perhatikan bhwa Allah telah menurunkun air dari langit, lalu Kami keluarkan dengan air itu buah-buahan yang beraneka warnanya. Dan diantara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka ragam warnanya, dan ad pula yang sangat hitam. Dan demikian juga, diantara manusia, binatang melata, dan binatang ternak beraneka. Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba Nya hanyalah orang-orang berilmu. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Maha Pengampun. (QS Fathir; 27-28)

Perumpamaan gunung dengan pasak pada firmanNya “Bukankah Kami telah menjadikan bumi terbentang dan gunung-gunung itu sebagai pasaknya,’’ (QS An Naba’: 6-7)juga mengandung mukjizat dari sains

Ada point lain bahwa bagian bumi yang pertama kali mendingin ketika pembentukannya adalah kulit bagian luar. Kulit bumi membeku, sementara bagian dalamnya tetap memanas dalam bentuk larutan dan gas. Dalam proses  mendingin,kulit bumi memecah. Bagian yang tinggi mrnjadi gunung dan bukit, sedangkan yang rendah menjadi dataran rendah dan lembah dan dasar laut. Jika gunung tidak menjorok ke permukaan, kulit bumu akan terbelah-belah dan akan mengalami guncangan gempa yang luar biasa. Oleh karena itu, gunung berperan memelihara dan menahan bawah bumi agar tidak meledak dan menimbulkan guncangan atau gempa. Dalam hal ini Allah berfirman: “Dan Kami jadikan di bumi gunung-gunung yang kukuh supaya ia meneguhkannya. Dan kami jadikan padanya celah-celah sebagai jalan supaya mereka mendapat petunjuk.’’ (QS Al Anbiya: 31)

Prof. Dr. Ahmad Fuad Pasya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s