Perjuangan warga Palestina untuk mendapatkan kembali  hak tanah kelahiran mereka sangatlah berat karena mereka hanya berjuang dengan persenjataan dan dukungan yang sangat kurang bila dibandingkan dengan lawannya israel yang didukung penuh negara-negara yang super power seperti inggris dan amerika, mereka didukung dengan persenjataan dan dukungan politik yang sangat kuat. Namun dengan segala keterbatasannya pihak Palestina tentu saja tidak mau negaranya diambil oleh israel mereka melakukan perlawanan dengan segala tenaga dan keterbatasan yang ada walau hanya dengan menggunakan batu untuk dilemparkan kepihak israel yang dibalas dengan menggunakan roket dan persenjataan berat lainnya. Dengan semangat membela negara munculah beberapa pejuang mujahid yang berjuang di jalan Allah, berikut beberapa pejuang mujahid palestina :

Hamas
Hamas merupakan akronim dari Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah yang memiliki arti secara terjemahan adalah gerakan pertahanan islam. Berawal dari partai politik berhaluan islam di palestina dibentuk pada tahun 1987 bertujuan melawan pergerakan israel untuk melakukan pendudukan di negara palestina. Tujuan dari pendirian hamas adalah untuk mengibarkan panji-panji Allah disetiap inci bumi palestina, dengan kata lain melenyapkan israel dari palestina dan mendirika negara islam yang seutuhnya. Hamas dibentuk atas dasar ketidakpuasan pada pergerakan perlawana terhadap organisai-organisai perlawanan israel yang terdahulu yang dianggap lembek dan cenderung kompromistis terhadap pihak israel. Pada Januari 2006 hamas maju kepolitik dan mendapatkan kemenangan dengan perolehan 76 dari 132 kursi dalam pemilihan anggota parlemen Palestina sehingga kabinet pemerintahan yang didominasi pihak hamas terbentuk.
Izzudin Al-Qassam
 
Izzudin berarti “Iz” dukungan, kepatuhan atau kebanggaandan “Din” berarti agama sedangkan nama AL-Qassam diambil dari nama pejuang suriah yang melakukan perlawanan terhadap pendudukan Inggris di wilayah Palestina pada tahun 1935, brigade Al-Qassam adalah sayap militer milik Hamas dan disebut sebagai fraksi militer terkuat yang ada di Gaza. Aksi perlawanan Al-Qassam pada awal mulanya  biasa dilakukan dengan bom bunuh diri namun perlawanan itu berakhir saat israel berhasil membunuh Yahya Ayyash seorang ahli perakit bom, kemudian Al-Qassam melakukan perkembangan aksi perlawanannya dengan meluncurkan serangan-serangan roket ke wilayah israel.
Brigade Al-Qassam bekerja untuk :
  • menimbulkan semangan jihad (perlawanan) diantara warga Palestina, Arab dan Muslim
  • mempertahankan tanah Palestina dan mencegah agresi israel untuk menduduki tanah Palestina
  • memerdekakan Palestina dan mengambil lagi tanah kekuasaan yang diambil oleh israel
 Fatah
 Palestine Liberation Organisation
 
 
Palestine Red Crescent Society

dan masih banyak lagi organisasi-organisasi maupun pergerakan yang membantu untuk melakukan perlawan terhadap israel baik melalui angkat senjata maupun relawan sosial dalam bidang kesehatan dan pembangunan infrastruktur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s