Golestan Palace adalah peninggalan Kerajaan Qajar di Iran. Kompleks istana ini merupakan monumen sejarah tertua di Ibukota Iran, Teheran.

Kompleks Golestan Palace memiliki 17 istana, museum, dan aula. Hampir semua bangunan di kompleks ini dibangun selama 200 tahun dinasti Qajar berkuasa. MAsing-masing gedung memiliki fungsi yang berbeda-beda.
Salah satu bangunan yang spektakuler adalah teras yang dikenal dengan Takht-e Marmar (singgasana marmer). Dibangun pada 1806 atas permintaan Fath Shah Qajar (berkuasa 1797-1834). Tahta yang terletak di tengah teras terbuat dari marmer kuning dari Provinsi Yazd. Dihiasi dengan lukisan, ukiran marmer, semen, cermin, ukiran kayu, dan ukiran tahta yang menunjukkan bangunan ini menjadi yang terbaik dari arsitektur Iran. Tahta Marmer ini menjadi bangunan tertua dari peninggalan sejarah Arg.
Tahta ini terbuat dari 65 potong batu marmer dan dirancang oleh Mirza Baba Naghash Bashi dari pengadilan Qajar. Ornamen dan detil hiasan lainnya dikerjakan setelah masa Fath Ali Shah dan Nasser atau antara tahun 1848-1896.
Tempat ini juga digunakan untuk penobatan raja-raja dinasti Qajar. Raja terakhir yang dinobatkan di tempat ini adalah Reza Khan Pahlevi pada 1925. Selain itu, tempat ini juga untuk mengadakan acara-acara resmi pengadilan.
Bagunan lain yang juga terletak di Golestan Palace adalah Khalvat Karim Khani. Tahun pembangunannya pada 1759. Bangunan ini merupakan bagian dari interior tempat tinggal Karim Khan Zand. Struktur dasar bangunan ini sama dengan Takht-e-Marmar. Ada singgasana kecil yang terbuat dari marmer di dalam Khalvat Karim Khani. Kebanyakan bangunan-bangunannya lebih kecil dari bangunan yang ada di Takht-e-Marmar.
Hoze Khaneh (Kolam Khaneh). Bangunan yang dikerjakan oleh perajin dari Eropa yang dipersembahkan untuk pengadilan Qajar. Bangunan ini difungsikan untuk kamar musim panas selama masa dinasti Qajar. Sistem pendingin khusus memompa air dari sistem saluran ke dalam kolam yang terletak di dalam kamar. Air yang dipompa ke kolam ini kemudian dialirkan untuk mengairi kebun dan taman kerajaan. Karena sistem ini menyebabkan kamar menjadi lembab, maka hanya difungsikan sebentar saja.
Talar Belerian (Hall of Brilliance). Merupakan karya brilian dari seniman Iran. Bangunan ini dihiasi dengan cermin-cermin. Hall ini dibangun oleh Nasser-ol-Din. Dibangun untuk menggantikan Hall Blolour atau Hall Kristal.
Talar Belirian terkenal dengan hiasan-hiasan kaca dan tempat-tempat lilin. Sebuah lukisan minyak karya Yahaya Khan Sanie-ol-molk Ghafari, menunjukkan dekorasi hall ini sebelum direnovasi oleh Mozafar-ol-Din Shah pada 1896-1907.Lihat selengkapnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s